EKTRAKULIKULER KSI(Kelompok Studi Islam) di SMA N 1 LAMONGAN



Di SMA N 1 Lamongan, terdapat banyak sekali ekstrakulikuler yang bisa diikuti oleh para siswa, antara lain OSIS(Organisasi Siswa Intra Sekolah), paskibra, pecinta alam, PMR(Palang Merah Remaja), KSI(Kelompok Studi Islam), DA(Dewan Ambalan) mading, majalah, dan ekstra kulikuler olahraga. Tujuan diadakannya ekstrakulikuler di sekolah adalah untuk lebih mengembanggkan minat dan bakat siswa di bidang tertentu sehingga bisa lebih berprestasi dan untuk menambah pengalaman sebagai bekal untuk masa depan. Para siswa di SMA N 1 Lamongan kebanyakan memilih lebih dari satu ekstra, oleh karena itu para siswa harus bisa pintar dalam membagi waktunya antara belajar dengan kegiatan ektra. Sehingga antara kedunnya bisa berjalan dengan lancar.

Diantara sekian banyak ektra di SMA N 1 Lamongan, terdapat satu ektra yang berorientasi islam yaitu KSI(Kelompok Studi Islam). KSI(Kelompok Studi Islam) adalah suatu nama organisasi islam di SMA N 1 Lamongan yang merupakan wadah bagi para siswa yang ingin mendalami tentang agama islam. Anggota dari KSI(Kelompok Studi Islam) adalah para siswa dari kelas X(sepuluh) sampai dengan XI(sebelas) yang ingin masuk dalam organisasi ini tanpa paksaan. Seperti halnya ektra lain, KSI(Kelompok Studi Islam) juga mempunyai daftar pengurus mulai dari ketua sampai anggota yang dipantau oleh pembina ektra.   
Kegitan KSI(Kelompok Studi Islam) dilaksanakan pada setiap hari jumat pada pukul 15.00 seusai sholat asar. Format kegiatan yaitu pembukaan, sambutan, mars dan ikrar KSI, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, materi, doa, dan penutup. Pada sesi materi, biasanya pemateri atau tutor didatangkan dari luar seperti para ustad, alumni KSI atau bisa juga dari guru pembina dan guru mata pelajaran agama islam. Pada keadaan tertentu kegiatan formal seperti biasa bisa diganti dengan kegiatan outbount bertema islami.hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa bosan para siswa akan materi yang terus-terusan.
Pada setiap pergantian tahun ajaran baru, otomatis siswa para pengurus KSI(Kelompok Studi Islam) pun berubah. Dan pada setiap pergantuan pengurus ini KSI(Kelompok Studi Islam) mengadakan suatu kegiatan pelatihan yaitu LDKI (Latihan Dasar Kepemimpinan Islam) tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melantik pengurus yang baru dengan menanamkan jiwa kepemimpinan yang islami. Kegiatan LDKI (Latihan Dasar Kepemimpinan Islam) ini berlangsung selama tiga hari yaitu mulai dari hari jumat smapai dengan hari mingu dan tempat yang dipilih untuk kegiatan ini berada di pondok pesantren yang telah disepakati oleh para pengurus. Diharapkan para pengurus akan dapat menjalankan KSI(Kelompok Studi Islam) dengan baik selama masa kepengurusan.   

0 komentar:

Posting Komentar