PROGRAM ADIWIYATA DI SMA N 1 LAMONGAN



Di era globalisasi ini, banyak sekali kita temui kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh ulah tangan manusia misalnya pembalakkan hutan secara liar, pembuangan limbah pabrik di selokan, pembuangan sampah sembarangan, pemburuan hewan yang dilindungi dan lain-lain. Dampak dari itu semua akan kembali kepada manusia itu sendiri seperti banjir, longsor, polusi udara,air,dan tanah, dan yang paling ekstrim adalah global warming.

Pemerintah dinas pendidikan dalam hal ini membuat suatu kebijakan dengan membuat suatu program sekolah berwawasan lingkungan atau sekolah adiwiyata. Tujuan program sekolah adiwiyata adalah menciptakan suatu tempat belajar yang nyaman dengan berdampingan dengan lingkungan sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan. Dengan program ini, setidaknya dapat membantu mengurangi kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini. Serta mencetak generasi mudah yang cinta dan peduli pada lingkungan.

Di SMA N 1 Lamongan, program adiwiyata sudah mencapai tahun ke-2. Pada penilaian tim adiwiyata pusat pada bulan April kemarin, SMA N 1 Lamongan lolos ke tingkat provinsi. Di tingkat SMA di Lamongan hanya SMA N 1 Lamongan yang lolos ke tingkat provinsi.Program adiwiyata di SMA N 1 Lamongan sangat banyak mulai dari program pemilahan sampah (organik,kertas,plastik), daur ulang sampah sampai dapat dimanfaatkan kembali, buncop(kebun percobaan) untuk penanaman tumbuhan percobaan yang dibudidayakan, LRB(Lubang Resapan Biopori) yang membantu penyerapan genangan air di selokan, kolam ikan lele yang bermanfaat untuk pembuatan kerupuk lele, hutan sekolah untuk penanaman pohon dan tempat refresing bagi para siswa, Green House yaitu sebagai tempat pembudidayakan tumbuhan dengan perawatan khusus, perbaikan infrastruktur dan fasilitas yang mendukung program adiwiyata, serta pembentukkan organisasi KOPLING (Komunitas Peduli Lingkungan) sebagai organisasi pendukung dan perealisasi program adiwiyata.
Tujuan akhir dari program adiwiyata di SMA N 1 Lamongan adalah menyandang status adiwiyata mandiri. Adiwiyata mandiri adalah tingakatan terakhir dari program adiwiyata dimana sekolah yang telah mendapat gelar tersebut akan dilepas pengawasannya dari pusat sebab sudah dianngap mampu mengelola dan melestarikan lingkungan sekolah tersebut. Untuk mendapatkan gelar tersebut SMA N 1 Lamongan bertekad untuk terus meningkatkan kualitas program lingkungannya serta berupaya untuk terus melestarikan linkungan sekolah.akan tetapi hal itu saja belum cukup, butuh kerja keras 
yang konsisten serta kerjasama dari setiap warga SMA N 1 Lamongan untuk mencapainnya.


0 komentar:

Poskan Komentar